Senin, 26 November 2018

Pengertian dan Sejarah Donat



 Related image



      
    Hay guys kali ini saya mau bahas tentang pengertian dan sejarah nya sih manis seperti cincin. Donat , yah donat sering kali kita dengar dan sering kita jumpai , makanan yang mempunyai banyak varian rasa seperti coklat, kacang coklat, keju dan masih banyak lagi. Oiya apakah kalian tahu sejarah nya si manis berbentuk cincin ini ? Kalo belum mari ikutin ringkasan sedikit tentang donat.

Pengertian 

    Donat ( donut dalam bahasa inggris ) adalah sejenis cake mini dengan bentuk khas, yaitu berlubang di tengah seperti cincin, dan berbentuk bulat jika diisi sesuatu, biasa nya diisi oleh mesis, atau hal-hal yang berbau manis, dengan bahan utama pembuatan donat adalah " Tepung Terigu "

   Sedangkan pengertian menurut para ahli adalah suatu bentuk makanan yang digoreng, berdasarkan campuran adonan tepung terigu, mentega, dan gula. Dalam pengertian donat ini tentu saja dapat dikatakan bahwa banyka sekali jenis yang dalam pembuatan donat, misalnya saja donat kentang, donat terigu, atau donat lainnya.

Sejarah Donat 

    Hakekatnya donat memiliki sejarah yang cukup panjang sejak kemunculannya pertama kali hingga mencapai penampilannya saat ini. Para Arkelog dari Negara Amerika pada awalnya menemukan beberapa peninggalan yang menggambarkan adanya  jenis makanan berbentuk seperti donat pada zaman prasejarah. Namun, diduga untuk asal muasal donat sendiri dari daerah di Belanda yaitu Manhatten, dan di daerah Belanda donat disebut dengan ‘olykoeks’ atau kue yang digoreng.
Akan tetapi untuk saat ini, hal yang menjadi terbaru bahwa donat merupakan salah satu kue populer favorit masyarakat dunia. Bahkan di Amerika menurut Chan (2009) ada 10 juta donat diproduksi setiap tahun.
Donat yang dikreasikan oleh para ahli kuliner harus digoreng dalam takaran minyak yang cukup banyak dengan panas tertentu agar warna donat berubah menjadi kuning kecoklatan dan matang merata. Dan sebenarnya banyak pihak yang mengatakan jika donat sudah cukup enak sekaligus lezat dengan hanya taburan sedikit gula.
Donat dengan aroma yang harum, seperti penambahan aneka rasa dan bau saat disantap terasa garing namun empuk dan tidak berminyak adalah donat yang akan selalu dicari para  penggemarnya. Demikian pengertian dan sejarah donat, semoga tulisan saya ini membawa manfaat dan ilmu buat kita semua, Aminn



Tidak ada komentar:

Posting Komentar